Temukan kami di Google+ Pelajar Indonesia: Shalat Tarawih

Senin, 30 Juli 2012

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih adalah Sholat malam yang dikerjakan pada bulan ramadhan.
Shalat ini hukumnya sunnat muakkad, boleh dikerjakan sendiri atau berjama'ah.

Shalat Tarawih ini dilakukan sesudah shalat isya sampai waktu fajar.
Bilangan raka'atnya yang pernah dilakukan oleh rasulullah SAW ada delapan raka'at. Umar bin khathab mengerjakan sampai 20 raka'at. Amalan Umar bin khathab ini disepakati oleh ijma'.

Cara mengerjakannya:

Tiap - tiap dua raka'at diakhiri dengan salam. Setelah selesai shalat tarawih hendaknya diteruskan dengan shalat witir, sekurang-kurangnya satu raka'at. Tetapi umumnya dikerjakan tiga raka'at dengan dua salam dan boleh pula dikerjakan tiga raka'at satu salam.

Surat yang dibaca sesudah Al-fatihah pada tiap - tiap raka'at boleh mana saja yang kita kehendaki. Umpama mulai dari surat At-takasur (Al Hakumuttakasur) sampai surat Al- Lahab (tabbat yada Abi Lahabin), sedang pada raka'at kedua setelah Al-fatihah yang dibaca boleh sembarang surah juga, tetapi diutamakan surah Al-ikhlash (Qul Huwallahu Ahad).

Lafazh niatnya :

Ushalli sunnatat taraawiihi rak'ataini (ma'muuman / imaaman) lillahi ta'aalaa

Artinya :
"Aku niat shalat Tarawih dua raka'at (makmum / jadi imam) karena allah ta'ala".

Fadlilah

Dalam bulan Ramadhan kita disunatkan memperbanyak Tadarrus (membaca Al-Qur'an) memperbanyak membaca shalawat, dzikir dan berdoa. Dan untuk menambah syi'ar bulan Ramadhan serta menggembirakan para jama'ah, ada beberapa shalawat dan do'a yang biasa dibaca dalam jama'ah shalat tarawih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar