Temukan kami di Google+ Pelajar Indonesia: Efek Negatif Suka Menyontoh Tugas Sekolah

Minggu, 01 April 2012

Efek Negatif Suka Menyontoh Tugas Sekolah

Efek Negatif Suka Menyontoh Tugas Sekolah
Menyontoh dapat diartikan sebagai aktifitas atau sebuah pekerjaan meniru menyalin dan mengcopi semua atau sebagian hasil karya dan inspirasi orang lain.
Saat ini trend menyontoh sangatlah buming dikalangan remaja terutama dikalangan pelajar, terutama pelajar indonesia seolah-olah menyontoh adalah sebuah kewajiban dan keharusan yang dilakukan pada saat mengerjakan tugas terlebih lagi pada saat mengerjakan soal ulangan, entah sadar atau tidak sebenarnya menyontoh itu memberikan sebuah efek negatif dalam perkembangan otak manusia, selain itu trend menyontoh dikalangan pelajar indonesia sudah sangat mewabah, bagaikan sebuah virus penyakit, tren negatif ini menular kepada setiap diri pelajar indonesia menular dan memberikan kecanduan akan menyontoh bahkan serasa ada yang kurang dan tidak enak kalau tidak menyontoh.

Inilah beberapa efek negatif akibat kebiasaan menyontoh:

1. Membuat kita jadi semakin malas setiap kali kita menyontoh
bagaimana tidak? setiap kali kita menyontoh kita bisa mendapatkan jawaban dengan mudah tanpa sebuah usaha belajar dan menghafal sebelumya, akibatnya kita akan selalu merasa bahwa belajar itu tidak ada gunanya, buat apa belajar kalau nyontoh pun bisa? setelah kita berpikir seperti itu maka kita akan sangat malas belajar dan akan semakin parah malasnya setiap kali kita menyontoh

2. Mengurangi daya kerja otak terutama dalam menghafal
ketika otak kita jarang dipake untuk belajar, maka otak kita cenderung nganggur, jika otak kita nganggur otomatis daya kerjanya akan berkurang, kita ambil contoh pada sebuah pisau, jika pisau dipake terus menerus dan diasah pasti akan tajam, tapi jikalau pisau tidak terpakai dan kita diamkan maka akan tumpul dan berkarat

3. Membuat kita menjadi manusia yang tidak kreatif dan tidak percaya diri
pernah gak merasa bimbang disaat mengisi lembar jawaban pada saat ulangan? padahal disaat yang sama kamu sudah hafal betul dengan jawaban yang semestinya benar jika kalian menjawabnya, lantas kenapa masih saja tidak percaya diri dan masih saja tengok kanan kiri memastikan jawaban teman sama dengan kita atau tidak? yah bisa dipastikan kalau kepercaya dirian kita berkurang karena kebiasaan menyontoh kita, kita jadi lebih yakin dengan jawaban orang lain yang mungkin saja salah dari pada dengan jawaban kita sendiri yang sudah jelas-jelas benar.

Maka dari itu sebisa mungkin kita hindari kebiasaan menyontoh, karena dengan berbagai pertimbangan bahwasannya membiasakan percaya diri dan belajar efeknya akan lebih positif dari pada kita tinggal menyontoh dan menyontoh jawaban teman saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar